Beginilah Cara Cek Ukuran VGA Komputer Kamu

Advertisement
)
Beginilah Cara Cek Ukuran VGA Komputer Kamu -  VGA adalah kepanjangan dari Video Graphics Array. VGA adalah standart tampilan dari komputer analog yang dipasarkan oleh IBM pertama kali pada tahun 1987. Namun sekarang VGA sudah tidak lagi dipergunakan karena telah diganti oleh standar yang lebih baru. VGA merupakan standart grafis terakhir yang diikuti mayoritas pabrikan pembuat kartu grafis komputer, Sampai sekarang tampilan windows masih menggunakan modus VGA karena didukung oleh banyak produsen pembuat monitor dan kartu grafis.

Cirrus Logic
sumber gambar dari Wikipedia


VGA diisitilahkan untuk mengacu  kepada resolusi layar berukuran 640x480, apapun pembuat perangkat keras kartu grafisnya. VGA sangat berguna untuk menerjemahkan keluaran grafis komputer yan berdaya tinggi. Untuk prosesn desain grafis atau bermain video game, maka dari itu dibutuhkan kartu grafis yang berdaya tinggi. Produsesn kartu grafis yang cukup terkenal diantaranya adalah ATI dan nVideia. VGA juga dapat mengacu kepada konektor VGA 15-pin yang masih dipergunakan secara luas untuk mengantarkan sinyal video analog ke monitor. Standari dari VGA secara resmi digantikan oleh standart XGA dari IBM, tetapi pada kenyataanya VGA justru digantikan oleh Super VGA.

Baca Juga : Cara Mudah Menonaktifkan (Disable) Windows Update Pada Komputer

Itulah singkat cerita definis dari VGA itu sendiri, nah sekarang apasih fungsi dari VGA itu ?

Fungsi VGA adalah
VGA mempunyai fungsi untuk menerjemahkan atau mengebuha sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor. Kartu VGA juga bergunna untuk menerjemahkan outpit komputer ke monitor. Singkatnya VGA berfungsi utuk menetukan atau memperngaruhi resolusi monitor kita, semakin baik kulaitasnya maka akan semakin baik pula asil graphics monitor kamu dan baegitu juga sebaliknya.

Jenis-jenis VGA

Kartu VGA ISA 
adalah jenis kartu VGA yang dimasukkan pada slot ekspansi ISA (Industry Standard Architecture) bus yang masih bersistemkan I/O 8-bit atau 16-bit

Kartu VGA EISA 
adalah jenis kartu VGA yang dipasang pada slot ekspansi EISA (Extended Industry Standard Architecture) bus yang adalah 32-bit sistem I/O

Kartu VGA PCI 
adalah jenis kartu VGA yang dipasang pada slot ekspansi PCI (Peripheral Component Interconnect) bus yang adalah 32-bit atau 64-bit sistem I/O

Kartu VGA AGP 
adalah jenis kartu VGA yang ditancapkan pada slot ekspansi AGP (Accelerated Graphics Port) bus yang adalah 128-bit atau 256-bit sistem I/O

Kartu VGA PCI Express (PCIe) 
adalah jenis kartu VGA yang dimasukkan pada slot ekspansi PCIe (Peripheral Component Interconnect Express) bus yang adalah berangkaian seri sistem I/O nya dengan kecepatan transfernya adalah mencapai hingga 32 GByte/s

Sumber dari Wikipedia, baca selengkapnya tentang VGA di Wikipedia


Sebaiknya kamu melakukan cek dan tahu berapa kapasitas memori VGA yang dimiliki komputermu, supaya kamu bisa menentukan monitor mana yang cocok untuk komputermu, dan grafis yang sesuai, serta juga dapat mempertimbangkan game-game mana yang sekiranya cocok untuk dimainkan di kompter kamu.

Beginilah Cara Cek Ukuran VGA Komputer Kamu


  • Klik kanan sembarang tempat pada desktop komputer mu. Kemudian pilih Screen Resolution

  • Setelah itu kamu akan dibawa pada menu screen resolution, kemudian pilih menu advanced setting


  • Dan kemudian kamu bisa melihat kapasitas dari VGA kamu 


Cara kedua Cek Ukuran VGA Komputer Kamu
selain cara pertama, kamu juga bisa mencoba cara kedua untuk cek ukuran VGA komputer kamu

  • Pencet tombol Start + R > Tulisakan Dxdiag / pergi ke Menu Start > Tuliskan Dxdiag. kemudian klik menu dxdiag.

  • Setelah itu kamu akan dibawa pada menu dxdiag komputer kamu, kemudian pilih menu display dipaling atas.

  • Dan sisinilah kamu bisa mendapati informasi tentang ukuran VGA kamu


Semua cara diatas sama saja, karena bertujuan hanya untuk mencari tahu berapa ukuran VGA komputer kamu, kamu bebas memilih cara mana yang mau kamu gunakan. 

Satu lagi informasi, jika kamu berniat membeli VGA yang baru untuk  komputer, kamu harus juga memperhatikan RAM dari komputer kamu juga karena ukuran VGA dapat dipengaruhi oleh RAM, contohnya :

VGA 256MB + RAM 2GB = VGA 512MB 
VGA 512MB + RAM 2GB = VGA 1280MB 
VGA 1 GB + RAM 2GB = VGA 1728MB

Maka dari itu ada baiknya jika sebelum membeli VGA yang baru, sesuaikan telebih dahulu dengan ukuran RAM komputer mu juga agar hasilnya menjadi balance.

Udah deh itu dulu deh pembahasan Beginilah Cara Cek Ukuran VGA Komputer Kamu, semoga aja artikel ini bisa ngebantu kamu untuk cek ukuran VGA komputer kamu sendiri, kalo ada masukan atau pertanyaan untuk artikel ini silhakan taruh di kolom komentar, terimakasih telah berkunjung.




0 Response to "Beginilah Cara Cek Ukuran VGA Komputer Kamu"

Post a Comment