Cara Mudah Menonaktifkan (Disable) Windows Update Pada Komputer

Advertisement
)
Cara Mudah Menonaktifkan (Disable) Windows Update Pada Komputer - Windows merupakan sistem operasi sejuta umat yang sering kita jumpai untuk melengkapi sistem operasi komputer maupun laptop. Sistem operasi yang sudah dikembangkan sejak tahun 1983 merupakan primadona bagi para pengguna komputer atau laptop, jadi tidaklah heran jika windows bisa disebut sebagai sistem operasi sejuta umat, karena memang kebanyakan orang menggunakan sistem operasi ini untuk mendukung perangkat komputer mereka.

Cara Mudah Menonaktifkan (Disable) Windows Update Pada Komputer
Windows Logo


Banyak sekali versi-versi windows yang dikembangkan oleh microsoft, dan pastilah kalian adalah salah satu pengguna setia sistem operasi ini.

Kumpulan Versi Windows Lengkap :

  • Windows 1.0 (1985)
  • Windows 2.x (1987)
  • Windows 2.1x 
  • Windows 3.0 (1990)
  • Windows 3.1 (1992)
  • Windows 95 (1995)
  • Windows 98 (1998)
  • Windows 2000 (2000)
  • Windows Me (2000)
  • Windows XP (2001 hingga tahun 2007)
  • Windows Vista (2006)
  • Windows 7 (2009)
  • Windows 8 (2012)
  • Windows 8.1 (2013)
  • Windows 10 (2015)
Data diambil dari Wikipedia, baca selengkapnya sejarah tentang windows di wikipedia.

Diartikel ini yang kita bahas bukanlah sejarah dari windows, namun selingan saja supaya kita tahu apa saja versi windows yang ada dan sempat digunakan banyak orang juga. 


#windows akan memperbaiki seluruh system dan meng-updatenya secara berkala jika kita menghidupkan fitur automatic windows update. Akan tetapi kebanyakan orang tidak menyukai fitur ini karena proses shutdown akan menjadi sangat lama, Komputer akan mati jika windows sudah selesai melakukan update seluruh system sehingga membutuhkan waktu yang lumayan lama.

Windows memang merupakan sistem operasi yang bagus dan profesional sekali, bahkan windows secara berkala memperbaiki seluruh system dan meng-update sistem operasi buatan mereka. Hal ini baik, agar para pengguna windows menjadi nyaman dengan sistem operasi yang mereka miliki, dan menutup bug-bug yang terjadi pada sistem operasi windows.

Namun, tidak semua orang menyukai fitur update dari windows ini, mungkin karena memang melakukan update windows menggunakan waktu yang cukup lama, sehingga membuat sebagian orang tidak suka dengan fitur update ini.

Nah, kali ini saya akan membuat tutorial Cara Mudah Menonaktifkan (Disable) Windows Update Pada Komputer untuk kamu yang gak suka dengan fitur update dari windows.


Cara Mudah Menonaktifkan (Disable) Windows Update Pada Komputer


  • Langkah pertama adalah, buka menu control panel di komputer / laptop kamu. Bisa dengan cara Start -> Control panel, atau pada win 8/10 dengan klik kanan pada menu windows -> control panel. Jika sudah pilih menu System And Security

  • Kemudian kamu akan dibawa ke menu System and security, pilih menu Windows Update.

  • Setelah masuk pada menu windows update, kemudian pilih Change Setting, pada bagian menu sebelah kiri

  • Dan kamu akan dibawa pada menu Setting windows update, kemudian pilih lah Never check for update ( not recommended ), lalu klik oke.


Dengan begitu maka settingan windows kamu tidak akan pernah melakukan update sama sekali, namun hal ini kurang bagus jika kamu lakukan, karena windows yang tidak di update pasti menyimpan bug-bug pada windows yang belum diperbaiki, namun trik ini bisa dilakukan jika kamu memang tidak menginginkan menunggu update windows yang cukup lama.

Tapi kamu tetap bisa mengupdate windows dengan cara mengklik menu check for update, sehingga kamu bisa mengupdate windows ketika memiliki waktu luang.

Ada 4 pilihan update yang tersedia pada menu Change Setting windows update. Yang memiliki fungsi berbeda :

1. Instal update automatically ( Recommended )
fitur ini akan membuat komputer / laptop kamu otomatis mengupdate windows tanpa persetujuan sebelumnya. Ini sagngat direkomedasikan buat kamu yang ingin sistem operasi windows kamu selalu terupdate tanpa harus sesekali meng check windows update pada menu control panel.

2. Download updates but let me choose whether to install them 
fitur yang ini akan otomatis memberikan notifikasi dikomputer / laptop kamu, namun akan terdownload jika sudah kamu setujui, dan tidak akan terdownload jika tidak kamu setujui.

3. Check for update but let me chose whether to download and instal them
Nah kalo fitur ini akan membuat komputer kamu mengcheck apakah ada pembaharuan dari windows, dan jika ada kamu boleh menyetujui untuk diinstal atau tidak sama sekali.

4. Never check for updates (not recommended)
Fitur ini tidak akan mengijinkan komputer / laptop kamu memberikan notifikasi windows update maupun mendownload windows update, namun tenang saja kamu masih bisa melakukan update pada menu check for update di menu windows update.

Nah mungkin itu saja Cara Mudah Menonaktifkan (Disable) Windows Update Pada Komputer, semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam mengatasi masalah windows update, terimakasih telah berkunjung.



0 Response to "Cara Mudah Menonaktifkan (Disable) Windows Update Pada Komputer"

Post a Comment