Tips Jitu Dalam Memilih MicroSD untuk Handphone Android Yang Benar

Advertisement
)
Tips Jitu Dalam Memilih MicroSD untuk Handphone Android - Memori internal maupun memori eksternal (MicroSD) sangat dibutuhkan dan berperan penting bagi perangkat mobile, terutama adalah Android. Smartphone android sudah pasti membutuhkan ruang untuk penyimpanan yang sangat besar, selain untuk sebagai ruang penyimpanan aplikasi yang penting bagi android, memori juga sangat penting untuk menjadi ruang penyimpan file-file penting kita seperti gambar, musik, video bahkan game.

Tips Jitu Dalam Memilih MicroSD untuk Handphone Android Yang Benar
MicroSD


Dan untuk menyimpan semua file-file serta aplikasi-aplikasi itu, sangat dibutuhkan sekali ruang penyimpanan atau memori yang besar guna menampungnya. Namun sayangnya, dengan kebutuhan yang sangat banyak dari penggunanyaa, smartphone jaman sekarang masih belum memfasilitasi ruang memori internal yang cukup besar, para produsen smartphone hanya berfokus pada harga, teknologi dan desain saja, tanpa memikirkan ruang penyimpanan yang besar.

Namun sebenarnya hal ini bisa kita akali dengan menggunakan memori eksternal atau memori tambahan untuk smartphone android kita. Jika kamu ingin membeli MicroSD yang bagus untuk smartphone android kamu, sangat disarankan untuk memilih microSD yang bagus. Hal ini guna untuk menghindari kendala pada microSD di hari mendatang seperti kendala memori microSD rusak, corrupted, memeori tidak terbaca dll,

Tips Jitu Dalam Memilih MicroSD untuk Handphone Android Yang Benar

1. Belilah microSD yang bermerk.
Sebenarnya cukup banyak merk microSD yang beredar dipasaran. Jika banyak merk yang beredar sudah pasti ada merk yang berkualitas tinggi dan berkualitas rendah. Ada sebaiknya kamu menanyakan terlebih dahulu dari teman atau saudara mu yang pernah membeli microSD dan tidak mendapatkan kendala sampai saat ini, atau kamu mencari artikel-artikel yang mengulas kelebihan dari sebuah merk microsSD sebagai perbandingan untuk menentukan merk microSD yang akan kamu beli.

2. Membeli microSD yang memiliki Garansi Resmi dari Produsen
Membeli microSD yang memiliki garansi resmi dari produsennya langsung adalah salah satu trik yang baik, hal ini guna meyakinkan kamu jika memori yang kamu beli adalah original, sehingga kamu tidak khawatir jika ada kendala yang terjadi dimasa yg akan datang. Jangan mudah percaya dengan microSD yang mempunyai harga murah dan tanpa garansi dari produsennya, karena dikhawatirkan itu adalah barang KW atau tiruan.

3.Perhatikan Kapasitas microSD yang kamu beli
Ada baiknya sebelum kamu menentukan ingin membeli microSD baru, tentukan juga kapasitas memori yang kamu butuhkan dan kemampuan ponsel atau smartphone kamu juga, hal ini guna agar kamu tidak mendapatkan kendala nantinya. Jangan terlalu memaksakan membeli microSD yang berukuran besar namun tidak sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan handphone kamu.

microSD memiliki jenis-jenis yang berbeda :
  • microSD : 1-4 GB
  • microSD-HC (High Capacity): 8-16 GB
  • mircroSD-XC (Extend Capacity): 32-128 GB
Kamu juga harus tau, kalo kapasitas dari sebuah microSD tidak benar-benar sesuai dengan aslinya, contohnya saya memiliki microSD berkapasitas 8 GB namun yang terbaca dihandphone saya adalah 7.43 GB berarti hanya sekitar 93%nya saja.

Kapasitas microSD yang sebenarnya :
  • 2 Gigabyte = 1.8 Gigabyte
  • 4 Gigabyte = 3.6 Gigabyte
  • 8 Gigabyte = 7.4 Gigabyte
  • 16 Gigabyte = 14.8 Gigabyte
  • 32 Gigabyte = 29.7 Gigabyte
  • 64 Gigabyte = 59.3 Gigabyte
  • 128 Gigabyte = 119 Gigabyte
4. Cek kemampuan smartphone android kamu
Cek kemampuan smartphone kamu terlebih dahulu, cek spesifikasi dari handphone kamu sendiri, kamu bisa mencarinya di artikel-artikel yang bertujuan membahas spesifikasi handphone kamu.

Contohnya : Handphone saya adalah Samsung I9500 Galaxy S4 dengan spesifikasi microSD, up to 64 GB (dedicated slot). jadi jangan pernah membeli microSD lebih dari 64 GB, dan sebaiknya malah membeli microSD yang dibawah 64GB, yaitu 32 GB dan lebih kecil lagi.

5. Perhatikan Class Memori microSD sebelum membeli.
Class pada MicroSD merupakan pembagian MicroSD berdasarkan dari kecepatan MicroSD untuk menulis (write) dan untuk membaca(read) sebuah file/data yang ada. Jadi Setiap Class MicroSD berbeda dalam kecepatan menulis (write ) dan membaca (read) semakin tinggi Class MicroSD maka semakin cepat write dan readnya, beigtupun sebaliknya.

Tips memilih microSD yang benar adalah pilih microSD yang mempunyai rentang class 6 sampai 10. Hal ini guna mendapatkan hasil yang maksimal pada handphone kamu.

Class 2 : 2 MBps atau kecepatannya 13x 
Class 4 : 4 MBps atau kecepatannya 26x 
Class 6 : 6 MBps atau kecepatannya 30x 
Class 8 : 8 MBps atau kecepatannya 40x 
Class 10 : 10 MBps atau kecepatannya 66x

semakin besar class dari microSD mu maka semakin besar pula kecepatannya, apalagi buat kamu yang benci dengan smatphone yang ngelag.


Nah mungkin itu dia tips sederhana untuk menentukan sebelum membeli microSD untuk Handphone kamu, memang mungkin harga dari sebuah microSD bisa terbilang murah sehingga kamu berpikiran toh bisa beli lagi, tapi kita harus lihat dari sisi lainnya, selain membuang-buang uang, hal ini juga akan sangat menjengkelkan karena kamu sudah pasti akan kehilangan file penting yang disimpan dihandphone kamu, contohnya gambar, file penting, video, music, rekaman dll. 

Jadi itu saja deh Tips Jitu Dalam Memilih MicroSD untuk Handphone Android Yang Benar, semoga artikel ini bermanfaat buat kamu yang ingin membeli microSD baru untuk handphone kamu. kalo ada tambahan tips dan pertanyaan mungkin bisa taro dikolom komentar yah. terimakasih sudah berkunjung.

0 Response to "Tips Jitu Dalam Memilih MicroSD untuk Handphone Android Yang Benar"

Post a Comment