Tips dan Trik Cerdas Dalam Membeli Smartphone Bekas

Advertisement
)
Tips dan Trik Cerdas Dalam Membeli Smartphone Bekas - Semakin canggihnya pertumbuhan teknologi pada smartphone membuat harga-harga sebuah smartphone dipasar menjadi variatif sesuai dengan teknologi yang dipunya dan kelebihan dari smartphone itu sendiri.

Namun, kebanyakan smartphone yang berkualitas dengan teknologi yang canggih dan merek yang terkenal sudah pasti memiliki harga yang cukup tinggi dan pastinya akan membuat dompet kamu terkuras. Maka dari itu tak heran kebanyakan dari kita seringkali mencari smarthpone-smartphone bekas demi memperkecil pengeluaran dalam membeli sebuah smartphone.

Tips dan Trik Cerdas Dalam Membeli Smartphone Bekas
Smartphone Bekas


Sebenarnya ada banyak alasan kenapa seseorang memilih membeli smartphone bekas atau setengah pakai ketimbang membeli smarphone baru, salah satu alasannya yang tepatnya adalah dikarenakan demi mengurangi pengeluaran hanya untuk memenuhi kebutuhan komunikasinya, dan alasan lainnya yang membuat seseorang lebih memilih membeli smartphone bekas ketimbang smartphone baru adalah dengan membeli smartphone bekas kita beisa memiliki sebuah ponsel yang canggih dan bermerek dengan harga yang pastinya lebih terjangkau.

Namun seperti yang kita ketahui, kata bekas pada smartphone berarti memiliki resiko tinggi, karena smartphone bekas pastilah tidak memilki lagi garansi resmi dari pabrikan smartphone tersebut, kalaopun masih ada garansi pastinya kita tidak tau bagaimana orang yang sebelumnya memperlakukan smartphone itu, dan jika rusak kita tidak tau apakah kerusakan memang berasal dari smartphone tersebut atau sebuah human error yang membuat kita tidak bisa mengclaim garansi dari smartphone tersebut.

Maka dari itu sebelum menentukan untuk membeli sebuah smartphone bekas, kamu haruslah mempunyai pertimbangan yang matang dalam menentukan smartphone apa yang akan kamu beli dan dari mana smartphone bekas itu akan kamu beli.

Smartphone bekas sebenarnya mudah sekali untuk kita dapatkan, contohnya di konter-konter HP terdekat dikota kamu tinggal, pada Website yang memang memberikan fasilitas untuk mencari barang-barang bekas seperti OLX dan lainlain, atau dari sosial media dan forum-forum contohnya seperti kaskus, facebook dll.

Dibawah ini saya akan memberikan beberapa tips sebelum kamu membeli smartphone bekas dari tempat-tempat dimana kamu bisa mendapatkan smartphone bekas.

Tips dan Trik Cerdas Dalam Membeli Smartphone Bekas


1. Beli dari orang yang kamu kenal atau orang yang kamu kenal apik dalam merawat barang. 
tips pertama ini mungkin adalah tips aman bagi kamu yang ingin membeli smartphone bekas dan tidak ingin mengalami kekecewan / resiko kerusakan sesudah membeli smartphone bekas yang kamu idam-idamkan, yaitu cobala untuk membeli smartphone dari orang yang kamu kenal, entah itu kerabat, teman dan keluarga kamu sendiri, cobalah untuk membeli dari orang yang kamu kenal apik dalam merawat barangnya sendiri. 

2. Beli dari Toko / Konter yang bisa dipercaya
Seperti yang kita ketahui disetiap kota pasti tidaklah begitu sulit mencari konter-konter yang menjual smarphone bekas, setiap konter memiliki barang dan harga smartphone bekas yang berbeda-beda, carilah konter-konter yang menurut kamu bisa dipercaya dan pastinya murah.

3. Jangan Pernah Membeli Online, Selalu lakukan COD.
Tips ini sangat berguna bagi kamu yang memang mencari smartphone bekas dengan cara online atau mencari melalu website maupun sosial media dan forum-forum yang memang ada banyak orang yang menjual smartphone bekas. Jangan pernah membeli smarthpone bekas dengan cara online, Hal ini bisa beresiko tinggi dikarenakan jika kamu membeli barang melalui online akan rawan sekali terkena tipu dan juga smartphone yang kamu inginkan belum tentu sesuai dengan yang kamu inginkan karena kamu tidak tau barang nyatanya seperti apa, selalu usahakan untuk melakukan COD (Cash On Delivery ) jika kamu mencari smartphone melalui online, selai itu jika COD kamu bisa melakukan pengecekan smartphone tersebut secara nyata sebelum benar-benar membeli smartphone tersebut.

Yang harus kamu perhatikan sebelum membeli Smartphone bekas


  • Riset Harga Pasaran Smartphone Tersebut
    Sebelum membeli smarthpone bekas hal yang pertama kali kamu perhatikan adalah harga pasaran smartphone tersebut sebelum benar-benar membeli, hal ini berguna agar kamu tidak tertipu harga dan pastinya kamu juga bisa mempertimbangkan harga smartphone mana yang masuk dalam budget kamu.
  • Cari Tau Spesifikasi Smartphone Tersebut
    Setiap orang pasti mempunyai selera dan kebutuhan masing-masing, cobalah cari smartphone yang memiliki spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan selera kamu agar setelah membeli smartphone bekas tersebut kamu tidak mengalami kekecewaan.
  • Periksa Kelengkapan Dari Smartphone Tersebut
    Selalu pastikan kelengkapan dari smartphone bekas yang akan kamu beli, seperti kabel + Charger, kardus, buku-buku smartphone, headset, dan karu garansi jika masih ada.
  • Lakukan Pemeriksaan Terhadap Smartphone tersebut.
    Hal penting yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah periksa kondisi dari smartphone yang kamu beli, usahakan beli smartphone yang tidak mengalami minus atau kekurangan atau kecacatan. Hal-hal yang harus kamu perhatikan dari smarpthone bekas adalah :

    1. Periksa layar / Touch Screen
    Seperti yang kita tahu, hampir semua smartphone pasti menggunakan teknologi layar sentuh, cobalah untuk cek layar sentuh dari smartphone bekasi yang akan kamu beli, jangan membeli smartphone yang memiliki kesensitifan layar yang lambat serta memiliki dead pixel pada layar.

    2. Cek Sinyal dan Wifi
    Sebelum deal membeli smartphone bekas, cobalah untuk mengcek apakah sinyal dari smartphone yang akan kamu beli masih berfungsi dengan baik dan coba juga untuk mengecek sinyal wifi apakah bisa digunakan.

    3. Cek Kamera
    Smartphone biasanya memiliki teknologi kamera pada perangkatnya, cobalah untuk cek apakah kamera smartphone tersebut masih berfungsi dengan baik atau tidak.

    4. Cek Speaker
    Cobalah untuk melakukan pengecekan speaker smarphone tersebut dengan cara memutar lagu dan cobalah untuk melakukan panggilan / telepon dan dengarkan apakah speaker smartphone tesebut masih berfungsi dengan baik atau tidak.

    5. Cek Baterai
    Melakukan pengcekan baterai juga sangat disarankan bagi kamu yang ingin membeli smartphone bekas, cobalah cek apakah baterai smartphone tersebut sudah mengembung atau masih normal dan cobalah untuk membuka game atau aplikasi apa saja untuk beberapa saat dan lihat apakah baterai smartphone tersebut masih normal atau tidak untuk ukuran smartphone tersebut.

    6. Cek Kinerja dan Fitur Smartphone
    Terakhir cobalah untuk melakukan pengecekan kinerja terhadap smarphone yang kamu beli, apakah smartphone tersebut masih layak untuk digunakana atau tidak, dan juga jangan lupa untuk melakukan pengecekan terhadap fitur-fitur yang ada didalam smartphone tersebut apakah masih bekerja atau tidak.
  • Cek IMEI Smartphone
    Lakukan pengecekan IMEI smartphone kamu, IMEI yang terdapat dikardus smartphone haruslah sama dengan IMEI yang ada di Smartphone kamu.
  • Minta Garansi Dari Penjual
    Jika kamu membeli dari konter pastilah kamu diberikan garansi toko biasanya selama seminggu-sebulan sebagai jaminan bahwa smartphone itu memang masih bagus dan layak digunakan. Namun jika kamu membeli smartphone dengan cara mencari melalui online dna melakukan cara pembayaran COD kamu juga haruslah meminta jaminan garansi dari penjual sebagai jaminan bahwa smartphone tersebut masih bisa dan layak digunakan.
Nah Tips-tips diatas cobalah kamu terapkan ketika kamu ingin membeli smartphone bekas yang kamu inginkan, tips diatas saya tulis dan saya rincikan sama seperti ketika saya ingin membeli sebuah smartphone bekas, dengan begitu diharapkan kamu bisa mendapatkan smartphone bekas yang murah dan pastinya masih layak digunakan sehingga smartphone itu diharapkan bisa awet dan bertahan lama.

Sudah deh bgeitu saja Tips dan Trik Cerdas Dalam Membeli Smartphone Bekas, semoga artikel ini bermanfaat yah bagi kamu yang membacanya, jangan lupa untuk menginggalkan komentar dibawah dan share artikel ini agar bermanfaat bagi semua orang, terimakasih telah berkunjung.

0 Response to "Tips dan Trik Cerdas Dalam Membeli Smartphone Bekas"

Post a Comment