Cara Mengatasi Virus Di Handphone Android Terbukti Ampuh

Advertisement
)
Cara Mengatasi Virus Di Handphone Android Terbukti Ampuh - Jika kamu adalah pengguna smartphone android pasti sangatlah jengkel jika perangkat kamu terjangkit oleh Virus. Menurut Wikipedia, Virus ponsel sama atau sejenis dengan virus komputer yang menyebabkan aplikasi ataupun fitur ponsel kamu tidak dapat digunakan dengan semestinya.



Baca Juga : Cara Mengatasi Error Force Close " Sayangnya Google Play Store telah berhenti "

Kecanggihan handphone jaman sekarang sudah mendekati kecanggihan dari teknologi komputer. Bahkan handphone juga sudah menggunakan sistem operasi terbuka sehingga aplikasi buatan pihak ketiga / pengembang bisa melengkapi dari fungsi pabrikan sistem operasi itu sendiri. Namun justru sistem terbuka seperti inilah yang akhirnya menjadi celah untuk masuknya program jahat seperti virus worm, dan juga trojan horse. Biasanya vrius disamarkan dalam bentuk file / aplikasi yang menarik seperti game, maupun gambar yang biasanya menarik orang untuk mendownloadnya.

 Sebenarnya membersihkan virus dihandphone android itu sebenarnya lebih mudah dibandingkan membasmi virus yang ada pada komputer, apalagi sistem operasi android merupakan sistem operasi yang menyediakan sistem open source, jadi kemungkinan program yang tidak dikenali oleh handphone kamu bisa terdeteksi dengan mudah dan jika kita jeli dengan aplikasi-aplikasi yang sering kita gunakan pasti kita bisa menebak aplikasi mana yang sekiranyaa mengandung virus yang dapat merusak handphone kita tanpa antivirus sekalipun.

Baca Juga : Cara Memperkuat Sinyal Handphone Android Terbaik

Ciri-Ciri Handphone yang kena Virus

Handphone yang terkena virus biasanya mempunyai ciri-ciri seperti berikut :

  • Baterai Boros
    Baterai yang boros bukan karena kerusakan pada baterai handphone bisa menjadi salah satu hal yang harus kamu curigai. Karena bisa saja virus yang berbentuk aplikasi melakukan aktifitas yang tidak kamu inginkan saat kamu tidak menggunakan handphone. Ceklah informasi penggunaan baterai, aplikasi yang menggunakan daya baterai yang besar saat kamu tidak menggunakan handphone sebaiknya kamu curigai.
  • Muncul Iklan Yang Mengganggu
    Handphone yang terjangkit virus bisa kamu ketahui jika terdapat banyak iklan yang menggangu saat kamu menggunakan handphone.
  • Medownload Aplikasi Dengan Sendirinya
    Ciri-ciri handphone yang kena virus erikutnya adalah sering tiba-tiba mendownload aplikasi dengan sendirinya, padahal kamu tidak tau dan tidak pernah mendowload aplikasi baru.
  • Kuota Internet Boros
    Ini juga bisa dijadikan kecurigaan apakah handphone kamu terjangkit virus atau tidak, karena aplikasi yang boros bisa jadi adalah ulah dari virus tersebut, seperti modwnload aplikasi / file baru maupun memunculkan iklan yang mengganggu. Ada baiknya matikan Mobile Data kamu saat tidak digunakan.
  • Sering Mengalami Hang
    Handphone yang sering mengalami hang biasanya juga bisa menjadi dugaan bahawa handphone tersebut terjangkit virus.
  • Terdapat Junkfile pada Storage Kamu
    Jika dipenyimpana berkas kamu terdapat banyak file-file yang tidak kamu ketahui asalanya dari mana dan jenisnya, maka kamu perlu mencurigai handphone kamu telah terinfeksi virus. Lakukan format terhadap memori handphone dan SD Card kamu. Tapi jangan lupa untuk membackupnya terlebih dahulu.

Cara Mengatasi Virus Di Handphone Android Terbukti Ampuh


1. Instal Antivirus di Handphone Kamu

Kamu bisa melakukan cara ini pada saat handphone kamu sudah terserang virus, namun tingkat dari kerusakan yang disebabkan virus itu terhadap handphone kamu belum terlalu parah. Maka sebaiknya kamu cepat-cepat menginstal aplikasi antivirus, dan kemudian sering-seringlah melakukan scanning virus di handphone kamu. Karena biasanya setelah melakukan scanning maka biasanya antivirus akan memberikan pemberitahuan aplikasi dan letak dimana virus berada. Jika virus sudah terdeteksi lakukanlah pembersihan dan uninstal aplikasi yang teridetifikasi virus.


2. Cek dan Uninstal Aplikasi Yang Baru-baru ini Kamu Download

Bagi kamu yang sering mendownload aplikasi, game atau file untuk disimpan kedalam handphone, kamu harus lebih berhati-hati. Sebelum download seharunya kamu mengecek dulu keaslian sebuah situs yang menyajikan file untuk didownload ke dalam handphone kamu. Jika kamu menggunakan sistem operasi Android ada baiknya kamu menggunakan Google Playstore untuk mendownload aplikasi atau game yang kamu inginkan, dan bagi penggunaka IOS ada baiknya kamu menggunakan App Store untuk mendownload game / aplikasi yang ingin kamu download.

Tapi kalo kamu sudah terlanjur mendownload aplikasi diluar Google Play / App Store ada baiknya kamu mencurigai aplikasi tersebut, dan jika handphone kamu terjangkit virus setelah medownload aplikasi / game tersebut segeralah lakukan uninstal. Agar tidak terjadi hal yang lebih parah terhadap handphone kamu.


3. Melakukan Setelan Awal 
Cara ampuh lainnya untuk mengatasi virus dihandphone adalah dengan mereset pengaturan dari handphone tersebut, lakukalah reset ke pengaturan awal / pabrik, agar handphone kamu tidak lagi terjangkit virus. Namun harus kamu perhatikan, sebelum mereset ke pengaturan awal ada baiknya kamu membackup beberapa file / data penting yang berada dihandphone kamu, karena jika kamu mereset handphone ke pengaturan awal maka kamu akan menghapus semua aplikasi dan data yang ada dihandphone.



Tips Cara Mencegah Virus Masuk ke Handphone

Mencegah adalah hal yang laebih baik daripada mengobati, jika kamu tidak menyadari virus yang sudah menginfeksi handphone kamu maka resiko handphone yang berat, internet yang boros, batreai boros samapi dengan handphone rusak akan menjadi tanggungan kamu. Maka dari itu lakukanlah pencegahan virus sedari dini.

Mungkin dengan tidak mendownload aplikasi, game maupun file dari sembarang web atau aplikasi, instal aplikasi Antivirus yang terpercaya pada perangkat mobile kamu, lakukan pengecekan terhadap handphone kamu. Agar nantinya handphone kamu tidak mudah terjangkit virus.

Nah itu saja Cara Mengatasi Virus Di Handphone Android Terbukti Ampuh, sempga artikel ini mampu meberikan solusi bagi kamu yang mengalami masalah virus pada handphone. Terimakasih sudah berkunjung.

0 Response to "Cara Mengatasi Virus Di Handphone Android Terbukti Ampuh"

Post a Comment