Inilah Cara Mendaftarkan Aplikasi Android Ke Google Playstore

Advertisement
)
Cara Mendaftarkan Aplikasi Android Ke Google Playstore - Bagi kamu yang penasaran bagaimana sih caranya mendaftarkan aplikasi ke Google Playstore, disini saya akan menjelaskan caranya. Perkembangan sistem operasi android memang tidak diragukan lagi, bahkan android adalah perangkat yang paling banyak digunakan oleh orang-orang yang ada didunia ini, selain memang sudah mempunyai teknologi yang canggih, smartphone android juga mempunyai harga yang relatif murah sehingga tak heran jika banyak orang ingin menggunakan android.

Nah, karena mempunyai banyak pengguna hal ini membuat para developer / pengembang aplikasi berbondong-bondong untuk menciptakan aplikasi yang bisa memudahkan pekerjaan para pengguna android. tapi, kebanyakan orang tidak tahu bagaimana caranya mendaftarkan aplikasi android yang mereka miliki kedalam google playstore.

Cara Mendaftarkan Aplikasi Android Ke Google Playstore


Cara Mendaftarkan Aplikasi Android Ke Google Playstore


Sebelumnya, kamu haruslah mempunyai terlebih dahulu akun Google Play Developer Console:

1. Daftar terlebih dahulu pada https://play.google.com/apps/publish/ untuk mendapatkan akun Google Play Developer Console
2. Masuklah pada bagian Accept Developer Agreement, beri centang pada box persetujuan perjanjiannya
3. Setelah itu kamu harus melakukan pembayaran sebesar $25 menggunakn kartu kredit, biaya ini adalah untu registrasi yang dilakukan hanya sekali saja.
4. Setelah pembayaran sukses dilakukan dan kartu kredit kamu sudah terverifikasi barulah kamu akan disuruh mengisikan informasi detail pada akun.

Nah itu saja cara untuk registrasi Google Play Developer Console, mudah bukan ? tapi syaratnya kamu haruslah mempunyai kartu kredit untuk mengkonfirmasi pembayaran registrasi kamu, setelah selesai kamu pada tahap ini sudah bisa mengakses Google Play Developer Console. Google Play Developer Console ini nantinya beguna sebagai wadah untuk melakukan semua urusan seperti mengunggah dan merilis aplikasi di Google Playstore.


Merilis Aplikasi Android di Google Playstore 


1. Masukalah pada menu “Publish an Android App on Google Play” yang terdapat pada halaman utama Google Play Developer Console. 

2. Kemudian pilihlah “Default language” yang kamu inginkan beserta judul aplikasinya, gunakan bahasa yang sesuai dengan bahasa yang terdapat pada aplikasi kamu.

3. Klik "Upload APK " dan kemudian unggah file APK mu.

4. Setelah sukses menggungah file APK, sekarang masuklah pada bagian "Store Listing" didetail aplikasi kamu untuk memberikan informasi tentang aplikasi yang kamu buat.

5. Setting juga apakah aplikasi kamu itu berbayar atau gratis dan dinegara mana saja yang dapat mengunduh aplikasi kamu itu. Perlu kamu perhatikan, jika aplikasinya sudah kamu set gratis, maka tidak dapat dirubah ke berbayar.

6. Jika pada bagian "APK", "Store Listing", dan juga "pricing & Distribution" sudah tercentang hijau maka aplikasi kamu sudah bisa dirilis.


Apa saja yang kamu butuhkan untuk mengisi informasi "Store Listing" aplikasi android kamu ? 

1. Screenshoot Aplikasi
Siapkanlah setidaknya 2 buah screen aplikasi kamu, dengan ukuran yang biasa digunakan adalah 320 x 480, 480 x 800, 480 x 854 atau juga 1280 x 800. File format PNG atau JPEG.

2. High Resolution Icon
Icon adalah wajib jika kamu ingin merilis aplikasi yang kamu buat dan ingin dirilis pada goole playstore, buatlah icon yang beresolusi tinggi dengan ukuran sekitar 512 x 512 pixel, format PNG atau JPEG dan usahakan besar filenya tidak lebih dari 1024KB. Icon ini nantinya akan tampil pada Google Playstore saat ada yang melakukan pencarian terhadap aplikasi kamu.

3. Promotional Graphic
Grafik ini nantinya akan tampil pada android market mobile, gunakan ukuran 180 x120 pixel dengan format PNG maupun JPG, namun Promotional Graphic ini sifatnya opsional jadi tak perlu harus kamu buat.

4. Feature Graphic
Fitur ini yang nantinya akan dipergunakan pada header aplikasi kamu di Google Playstore versi web. Buatlah dengan ukuran 1024 x 500 pixel, dengan format PNG atau JPEG. sama dengan Promotional Graphic sifatnya adalah opsional jadi tidak perlu diharuskan ada.

5. Promotional Video
Kamu bisa meletakan link video kamu pada bagian ini, sama dengan 2 fitur sebelumnya hal ini bersifat opsional, cara membuat link video ini mudah, cukup upload video aplikasimu di youtube saja.

6. Listing Detail 

Pada bagian ini, adalah bagian dimana kita memberikan penjelasan mengenai aplikasi yang kita buat menggunakan kata-kata, diantaranya:
  • Title (Nama aplikasi di Google PlayStore) 
  • Description (Deskripsi mengenai aplikasi dan kegunaan serta cara pemakaian) 
  • Recent Changes (Perubahan yang terjadi di versi ini, biasanya sesudah melakukan update aplikas kamu harus meletakkan informasi fitur terbaru pada bagian ini) 
  • Promo Text 
  • Application Type ( menjelaskan bahwa aplikasi ini berbentuk game atau aplikasi) 
  • Category (menentukan pilihan kategori untuk aplikasi kamu)
7.Contact Information 
Pada bagian ini silahkan kamu letakan informasi mengenai website, alamat email atau juga nomor telepon yang bisa dihubungi terkait aplikasi yang kamu buat.

Setelah kamu menekan Publish, menurut pengalaman aplikasi akan melalu review terlebih dahulu, namun tidak akan memakan waktu berhari-hari, mungkin hanya beberapa jam saja. Kemudian sesudah itu aplikasi kamu akan bisa langsung didownload dan diinstal pada perangkat android orang lain.


Oh iya hampir saja kelupaan, buat kamu yang ingin merilis aplikasi android yang berbayar, terlebih dahulu harus membuat Akun Merchant Google Wallet.

Cara Membuat Akun Merchant Google Wallet


Jika kamu belum mempunyai Merchant Google Wallet maka kamu sebenarnya tidak bisa merilis aplikasi yang berbayar, jadi kamu hanya bisa merilis aplikasi yang bersifat gratis saja, maka dari itu ada baiknya kamu juga harus meregistrasi Merchant Google Wallet telebih dahulu. Pembuatan Merchant Google Wallet ini tidak akan dikenakan biaya dan proses pendaftarannya juga tebilang cukup cepat 

1. Klik link “Set up a merchant account now” pada menu “Settings” > “Account details” di Google Play Developer Console kamu.

2. Isi detail data kamu untuk registrasi akun merchant Google Wallet. Pada bagian ini seharusnya sebagian besar data yang diminta sudah terisi secara otomatis pada form registrasi akun merchant Google Wallet.

3. Registrasikan data kamu dan jika sudah maka akun merchant Google Wallet kamu akan otomatis aktif.


Nah dengan begitu sekarang kamu sudah bisa merilis aplikasi berbayar dan menggunakan fitur in-app billing. Gimana mudahkan ? nah sekarang buat kamu yang punya atau bisa membuat aplikasi android, ayolah jangan sungkan-sungkan untuk merilis aplikasi kamu di Google Playstore, selain bisa dinikmati orang lain, aplikasi yang kamu buat nantinya juga bisa menghasilkan uang buat kamu loh.

Nah mungkin segitu aja deh dulu artikel Cara Mendaftarkan Aplikasi Android Ke Google Playstore, semoga artikel ini bermanfaat buat kamu yah. Terimakasih telah berkunjung.

0 Response to "Inilah Cara Mendaftarkan Aplikasi Android Ke Google Playstore"

Post a Comment