Tips Cara Mengatasi Handphone Yang Tidak Bisa Charging / Mengisi baterai

Advertisement
)
Tips Cara Mengatasi Handphone Yang Tidak Bisa Charging / Mengisi baterai -  Masalah dalam mengisi daya baterai handphone kerap sekali dialami oleh para pengguna handphone / smartphone. Masalah dalam megecharge handphone akan sangat membuat pengguna handphone sangat merasa kesal, karena sumber daya handphone memang berasal dari baterai.


Tips Cara Mengatasi Handphone Yang Tidak Bisa Charging / Mengisi baterai


Baca Juga: Cara Memperkuat Sinyal Handphone Android Terbaik

Apalagi untuk para pengguna smartphone android maupun iOS, smartphone jenis ini sudah pasti memerlukan daya yang sangat besar untuk aktifitasnya. Semakin besar aktifitas handphone maka akan semakin besar pula daya yang dibutuhkan, dan semakin kecil aktifitas handphone maka akan semakin kecil pula daya yang digunakan.

Pada masalah ini, beberapa handphone yna gsering melakukan charge akan mengalami masalah Handphone tidak bisa charging, atau mengalami kesulitan pada saat mengcharge daya handphonenya. Dan ini akan sangat membuat kita jengkel, pasalnya handphone tidak akan hidup jika baterai tidak memiliki daya. Dan mau tak mau kita tidak bisa menggunakan handphone kita lagi. 

Sebenarnya ada beberapa alasan kenapa handphone kita mengalami masalah tidak bisa ngecharge. Namun kamu harus jeli dalam mencari solusi mengatasi kenapa handphone kamu tidak bisa mengisi baterai.

Tips Cara Mengatasi Handphone Yang Tidak Bisa Charging / Mengisi baterai 



1. Jangan lakukan pengisian ulang didaerah atau tempat yang dekat dengan benda cair / cairan dan juga tempat lembab. Jangan juga mengisi baterai terlalu berlebihan, maksudnya jangan pernah lakukan pengisian baterai dengan mecolokan charger selama berjam-jam atau yang sering dilakukan adalah mengisi baterai dengan mencolokannya selagi tidur dan mencabutnya setelah bangun. 

Hal itu akan membuat bateraimu mengalami panas, dan jika sudah begitu baterai akan rusak dan ngedrop.

2. Penyebab handphone tidak bisa dicharge biasanya karena terdapat benda kecil atau kotoran yang menyumbat didalam port micro usb / sambugan charge handphone. Biasanya debu atau bekas makanan yang sering menyumbat bagian dalam port Micro USB handphone kamu. Jadi selalu bersihkan bagian port Micro USB kamu sebelum melakukan charge.


3. Sebelum melakukan charge memang ada baiknya kamu membersihkan bagian port micro USB baik dibagian kabel penguhubung maupun dibagian handphone kamu. Karena permukaan metalik didalam port micro USB yang kotor memang dapat menyebabkan kontak kabel micro USB terganggu. Gangguan kontak juga bisa saja disebabkan karena kesalahan desain pabrikan, atau karena kamu sering melakukan lepas-pasang kabel micro USB, hal ini jika dilakukan secara terus menurus memang bisa merusak bagian port micro USB bagian kabel dan lebih parahnya merusak port micro USB handphone kamu. 

Selain itu menggunakan kabel yang berbeda-beda juga menjadi salah satu faktor yang merusak sambungan port micro USB handphone kamu, karena meskipun memiliki tipe charge yang sama namun terkadang ada perbedaan pada masing-masing kabel.

Langkah yang mungkin bisa kamu lakukan adalah dengan mengcongkel dengan perlahan lempengan kecil yang terdapat didalam port USB handphone kamu. Kamu bisa menggunakan benda kecil seperti pinset atau tusuk gigi untuk melakukannya, lakukanlah cara ini dengan sangat perlahan agar tidak terjadi kesalahan, dan saat melakukan cara ini ada baiknya handphone atau smartphone kamu berada dalam keadaan mati dan baterainya dilepas.

Beberapa model handphone juga memiliki unit kepala charge dan kabel yang bisa lepas, jadi ada baiknya kamu mengecek bagian manakan yang sebenarnya bermasalah. Pada kejadian ini biasanya bagian kabel lah yang sangat sering mengalami kerusakan. Sedangkan bagian kepalanya biasanya lebih awet. Jadi sebelum menentukan untuk membeli charge baru cobalah untuk mengetes bagian mana yang rusak, sehingga kamu tak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk mengatasi hal ini.


4. Hal yang biasanya sangat parah adalah jika port micro USB dibagian dalam semartphone rusak, biasanya dapat diketahui saat melakukan isi ulang maka akan longgar dan harus disesuaikan arah untuk melakukan charge handphone, jika sudah terjadi seperti ini mau tak mau kamu harus melakukan serivice pada bagian port usb smartphone kamu.

5. Sering melakukan isi ulang di laptop atau komputer ? mengisi ulang daya baterai handphone kamu dengan menggunakan chargeran akan lebih cepat ketimbang mencolokannya ke laptop / komputer. Karena daya yang dialirkan chargeran yang tehubung soket listrik akan lebih banyak ketimbang saat kamu mengcharge pada laptop / pc.

Selain itu penggunaan kepala chargeran dan kabel chargeran yang berbeda / bukan bawaan handphone juga dapat memperlambat pengisian baterai handphone kamu. Karena setiap merek mempunyai desain tersendiri tehadap perangkat handphone yang mereka jual. 

Selain itu kamu bisa memilih kepala chargeran kamu yang memiliki Ampere yang lebih kuat, karena terkadang ada juga kepala chargeran yang hanya memiliki daya charge 1 Ampere, dan jika kamu ingin lebih cepat dalam pengisian baterai maka kamu harus memilih kepala charge yang berdaya 2 Ampere. Hal ittu sangat berpengaruh sekali dengan kecepatan pengisian baterai

6. Hal terakhir yang bisa memnbuat kamu kesulitan atau tidak dapat mengisi daya handphone kamu adalah baterai yang rusak. Jika baterai kamu sudah mengalami kerusakan, sebaiknya kamu segera mengganti baterai handphone kamu, karena bisa saja nantinya akan merusak komponen-komponen handphone kamu, dan itu akan memberikan dampak yang sangat buruk, bahkan bisa membuat handphone kamu menjadi mati total. Baterai yang rusak biasanya bisa dilihat dari bentuk pisik yang sudah mengembung.

Nah itu dia Tips Cara Mengatasi Handphone Yang Tidak Bisa Charging / Mengisi baterai, semoga artikel ini bisa membantu kamu yang kesulitan dalam melakukan charge atau pengisian daya baterai handphone. Terimakasih sudah berkunjung.

1 Response to "Tips Cara Mengatasi Handphone Yang Tidak Bisa Charging / Mengisi baterai"