Cara Jitu Memperbaiki “Unfortunately, Contacts Has Stopped” di Handphone Android

Advertisement
)
Cara Jitu Memperbaiki “Unfortunately, Contacts Has Stopped” di Handphone Android - Kontak merupakan aplikasi umum yang selalu ada di dalam sebuah handphone, aplikasi kontak sudah pasti berfungsi berfungsi untuk menyimpan nomor dan juga nama semua teman, keluarga, dan saudara. Kontak sangat bermanfaat ketika kamu akan mengirim sebuah pesan singkat ( SMS ) atau melakukan panggilan telepon tanpa kamu harus mengingat atau mencatat nomor mereka dalam sebuah kertas.

Handphone Android


Namun sangat disayangkan, terkadang aplikasi kontak yang sudah disediakan handphone terkadang juga bisa mengalami error atau kerusakan, dan masalah ini biasanya memunculkan pop up yang bertuliskan "Sayangnya Kontak Telah Berhenti" atau dengan bahasa inggirs "Unfortunately, Contact Has Stopped". Hal semacam ini tidak terjadi hanya pada merek handphone yang abal-abal saja, bahkan masalah ini juga kerap terjadi pada handphone yang bermerek Xiaomi, Oppo, Vivo, LG, HTC, Smartfren Andromax, Asus Zenfone, Lenovo, Samsung Galaxy, Sony Experia, LG, Advan, Evercross dan merek handphone lainya.

Penyebab yang biasa menimbulkan masalah ini biasanya dikarenakan file cache yang menumpuk dan akhirnya memaksi handphone android harus mengehntikan beberapa aplikasi secara tiba-tiba, selain itu Memori RAM yang penuh juga menjadi salah satu penyebab lain aplikasi kontak bahkan aplikasi lain berhenti dan memunculkan pesan error di handphone kamu. Tapi tak perlu khawatir, JuaraTekno kali ini akan memberikan kamu tips-tips Cara Jitu Memperbaiki “Unfortunately, Contacts Has Stopped” di Handphone Android

Cara Jitu Memperbaiki “Unfortunately, Contacts Has Stopped” di Handphone Android


1. Menghapus File Cache Handphone Android
File cache adalah salah satu yang harus selalu kamu perhatikan, pasalnya cache yang tidak pernah kamu bersihkan bisa menjadi penumpukan di memori handphone kamu. Hampir semua aplikasi pasti mengahasilkan cache setiap kamu gunakan, bayangkan jika handphone kamu memiliki banyak sekali aplikasi, maka semakin banyak pula cache yang dihasilkan dan itu berarti semakin banyak pula memori yang termakan oleh tumpukan cache tersebut. Cara yang mudah untuk mengatasi penumpukan cache pada handphone android kamu adalah dengan cara menghapusnya menggunakan aplikasi semacam Clean Master atau CM security dan lain-lain, aplikasi semacam ini bisa kamu dapatkan dengan mudah di playstore.

Namun jika kamu memang gak mau ribet untuk mendowload aplikasi-aplikasi tersebut, kamu bisa kok menghapus cache handphone android kamu dengan cara manual, caranya seperti ini :
- Masuk pengaturan
- Pilih Menu Storage / Penyimpanan
- Kemudian pilih menu cache
- Dan lakukan penghapusan

atau bisa juga melakukan penghapusan secara manual, yaitu :
- Masuk Pengaturan
- Pilih menu aplikasi / apps
- Kemudian pilih aplikasi yang ingin kamu hapus cachenya, dalam kasus ini pilih aplikasi kontak
- Dan pilih menu Hapus Cache

2. Lakukan Pengahapusan Data Pada Aplikasi Kontak
Jika decara penghapusan cache tidak berhasil, kamu bisa melakukan cara lain yaitu dengan cara melakukan penghapusan data aplikasi kontak dan mengembalikan pengaturan aplikasi kontak pada posisi default. Namun cara ini nantinya akan menghapus file mulai dari data, cache, history panggilan, dan bahkan kamu akan kehilangan data kontak teman dan kerabat mu. Maka dari itu ada baiknya melakukan pembackupan nomor telepon sebelum kamu melakukan cara ini.

- Buka Pengaturan
- Pilih Menu aplikasi / apps
- Kemudian pilih aplikasi yang ingin kamu hapus datanya, pada kasus ini kamu pilih aplikasi kontak
- Kemudian pilih menu Hapus Data.

3. Lakukan Factory Reset Pada Handphone Android
Jika kedua cara diatas tidak juga membuahkan hasil, cara lain yang harus kamu tempuh adalah dengan melakukan Factory Reset atau dengan bahasa indonesianya Kembali Setelan Pabrikan, dengan cara ini sudah pasti kamu akan kehilangan semua data yang ada di handphone kamu, mulai dari foto, musik, video, dan file-file yang ada di handphone kamu. Maka dari itu ada baiknya kamu melakukan pembackupan besar-besaran terhadap handphone android kamu.

- Masuk Pengaturan
- Pilih menu Pabrik
- Pilih Factory Reset

Setelah memilih menu Factory Reset otomatis handphone kamu akan merestart ulang, dan tunggu saja hingga handphone selesai merestar ulang, dengan begitu handphone android kamu sudah kembali seperti saat kamu baru membelinya.

Nah, itu saja mungkin Cara Jitu Memperbaiki “Unfortunately, Contacts Has Stopped” di Handphone Android yang bisa saya jelaskan, semoga artikel ini bisa bermanfaat yah bagi kamu, jika ada pertanyaan dan tambahan bisa ditingalkan dikolom komentar. Terimakasih sudah berkunjung

0 Response to "Cara Jitu Memperbaiki “Unfortunately, Contacts Has Stopped” di Handphone Android"

Post a Comment